Minggu, 23 Februari 2014

Review NOvel KONCI



Judul Buku      : Konci, Karena Cinta Punya Banyak Cerita
Penulis            : Team Konci Ardan
Penerbit          : Rak Buku
Tahun Terbit    : 2013 (Cet.I)
ISBN              :  9786029954692 
Tebal buku      : 184 hlm
Ukuran            : 13 x 19 cm
Harga              : Rp37.000,-
 
Karena Cinta Punya Banyak Cerita

Hidup adalah belajar...
Belajar mencintai ... meski disakiti
Belajar tersakiti ... meski mencintai
Belajar setia ... meski tergoda
Belajar menahan ... meski tak kuat menahan godaan.

Belajar kuat ... meski berat
Belajar melepas... meski tidak rela
Andai suatu hari kita dipertemukan kembali,
Carilah alasan yang berbeda
Untuk memulainya dengan benar
Andai tidak... maka lewatkanlah cerita ini
Biarkan terlewat begitu saja... biarkan rindu ini mengakar.
(back cover)

          Ya, hidup adalah sebuah proses belajar, termasuk belajar tentang cinta. Bukan hanya bagi mereka yang memimpikan memilki cinta yang bahagia, tapi terutama juga mereka yang sedang menjalani cinta agar bisa belajar bagaimana mempertahankan, menjalani, atau bahkan mengakhiri cinta meskipun berat.
          Cinta memang selalu menjadi kata berjuta makna yang indah untuk dibahas. Cinta punya banyak cerita dengan aneka hikmah yang begitu menggugah. Kisah yang menawarkan senyum, sedih, haru, juga rindu. Kisah cinta memang kadang terlalu berharga untuk disimpan sendiri. Bukankah kita selalu memiliki kisah tentang cinta, juga tentang bahagia? Karena pada akhirnya cinta selalu lebih indah jika berbagi. Dengan alasan inilah maka penulis mencoba berbagi cerita kepada para pembaca dengan menyajikan sepuluh kisah cinta yang begitu menyentuh, merekahkan senyum, haru, dan tentunya mengandung hikmah dan pembelajaran yang berharga.
          Tampil dengan kover yang soft dan judul yang unik, KONCI, singkatan dari kata konflik cinta. Buku konci ini benar-benar menyediakan kunci pembelajaran untuk membuka dunia cinta melalui kisah dan hikmah atau pembelajaran yang disampaikan agar pembaca sebagai pemegang kunci dapat mengambil hikmah tersebut dalam menjalani cinta dengan bahagia atau setidaknya dapat belajar untuk menyikapi persoalan yang timbul dalam perjalanan cintanya. Uniknya lagi, setiap judul cerita tidak seperti judul pada buku-buku lainnya. Judul masing-masing cerita menggunakan sebuah ungkapan atau kalimat dalam bahasa Inggris. Kisah-kisah yang disajikan sebenarnya sederhana, namun penulis mampu meracik dan meramu cerita sehingga menjadi cerita-cerita yang amat menyentuh, kadang menyentil hati karena mungkin sebagian kisah dan sifat para tokohnya sama dengan sikap atau kepribadian pembaca. Sehingga pembaca tidak merasa digurui tetapi langsung dapat beradaptasi dan masuk dalam cerita itu sendiri sekaligus dapat belajar dan mengintrospeksi diri.
          Adapun dari sepuluh kisah cinta yang dipaparkan, salah satu yang paling berkesan yaitu cerita cinta bertema atau berjudul Your lips? I kiss that. Your body? I hug that. My smile? You cause that. Your heart? I want that! Kisah ini menceritakan tentang cinta yang mekar di lokasi KKN (Kuliah Kerja Nyata) antara Dean dan Satria padahal keduanya sama-sama sudah memiliki pasangasn. Sebagai mahasiswa yang pernah menjalani masa-masa KKN, kisah ini membuat saya tersenyum-senyum sendiri saat membacanya sekaligus teringat beberapa kisah dan cerita teman-teman yang bersemi kala KKN. Kisah ini benar-benar terasa nyata, mewakili sekian realita cinta yang memang terjadi. Pada akhirnya, para pelaku cinta yang memulai kisah di lokasi KKN seperti kedua tokoh di atas hanya terjebak pada kondisi sesaat yang akibatnya benar-benar tidak sesaat. Begitu jleb mengena di hati.
          Sembilan kisah lainnya juga tak kalah menariknya. Percintaan khas remaja ataupun para dewasa yang sering diwarnai emosi sesaat serta sikap egois yang tanpa disadari sering megekang dan menyakiti pasangan begitu menguar dalam buku ini. Ada juga kisah yang memberikan kejutan tak terpikirkan oleh pembaca, tak jarang memberikan ending yang berbeda dengan apa yang diperkirakan pembaca. Benar-benar seru dan mengharu biru.
          Semoga pembaca lainnya dapat memetik hikmah dan pembelajaran serta dapat menyesuaikan sikap kepada para pasangan setelah membaca buku ini. Pembelajaran yang penting demi terwujudnya hubungan dan cinta yang sehat tak hanya dari kelebihan tapi juga kekurangannya.
Happy reading... ^_^

0 komentar:

Posting Komentar