Jumat, 28 Februari 2014

Review Buku Kitab Sakti Remadja Oenggoel




Judul Buku      : Kitab Sakti Remadja Oenggoel
Penulis             : Riawani Elyta & Oci Y.M
Penerbit           : Indiva Media Kreasi
Tahun Terbit    : Juni 2013
Tebal Buku      : 200 hlm
Ukuran Buku  : 20 cm
Harga              : Rp28.000,-
Kategori          : Nonfiksi (Motivasi Remaja)

Kenali Diri Sejak Dini 
Guna Merancang Masa Depan Cemerlang

Masih ingat syair lagu ini?
         
          Darah muda darahnya para remaja
          Yang selalu merasa gagah
          Tak pernah mau mengalah
          Masa musa masa yang berapi-api
          Yang maunya menang sendiri
          Walau salah tak perduli....


      Masa muda memang masa penuh gejolak. Terjadi perubahan senyawa-senyawa dalam tubuh, yang sangat berpengaruh terhadap mental remaja. Hal ini menyebabkan remaja menjadi gelisah, labil, dan gampang marah. Namun, di satu sisi mereka juga merasa lebih kuat, lebih pintar dari sebelumnya, dan lebih bisa mengerjakan sesuatu, bahkan yang mustahil sekalipun. (hlm 8).
          Kadang, jika tidak dimenej dengan baik, kedua potensi itu bisa berbaur menghasilkan ledakan yang sekeras bom atom. Namun, di sisi lain, jika potensi-potensi tersebut bisa dimenej dengan baik, sesungguhnya bukan hanya sebuah ketenangan yang dirasakan, tetapi remaja bahkan bisa mulai membuka pintu gerbang sebuah kehidupan yang ajaib. Kehidupan yang menakjubkan (hlm 9). Salah satu contohnya yaitu Mark Elliot Zuckerberg, pendiri situs paling populer di dunia, facebook, yang salah satu kisahnya dipaparkan dalam buku ini. Zuckerberg telah merancang sebuah wonderful life pada usia belia, dan hasilnya spektakuler. Pada usia 24 tahun, dia berhasil masuk jajaran orang terkaya di dunia!
          Akan tetapi, pada realitanya banyak anak muda yang masih sangat menggantungkan kehidupan mereka kepada orang tua. Beragam kasus kenakalan remaja mewarnai pemberitaan media cetak maupun elektronik di tanah air. Sungguh miris dan sangat disayangkan mengingat remaja merupakan salah satu aset bangsa yang diharapkan mampu membawa perubahan yang positif bagi peradaban. Hal ini disebabkan karena krisis identitas sehingga banyak remaja yang belum menemukan tujuan hidup mereka yang sesungguhnya bahkan cenderung membebek perilaku orang lain. Slogan mereka tak lain dan tak bukan, muda kaya raya, tua foya-foya, mati masuk surga. Padahal hidup tidaklah semudah itu.
          Oleh karena itu, ada beberapa hal penting yang mesti diketahui remaja untuk merancang peta hidup yang cemerlang dan membangun hidup sebaik-baiknya seperti yang sudah direncanakan tersebut. Hal ini dapat dimulai dengan mempelajari dan menerapkan “ jurus 3-1-3” seperti yang dibahas dalam kitab sakti ini. Sebagian besar dari pemaparan dan pembahasan dalam kitab sakti ini disusun berdasarkan pengalaman pribadi penulis, jadi setiap tips dan kata-katanya mengalir begitu lancar dan hidup.
           3 (tiga) jurus pertama yaitu Jurus TAICHI MASTER (self management) yang terdiri dari “Jurus Mengenal Diri Sendiri, Jurus Memaknai Hidup, dan Jurus Waktu Adalah Momentum.“ Mengenal diri sendiri merupakan langkah awal untuk mengenali potensi dan bakat yang kita miliki. Dalam buku ini dipaparkan langkah-langkah agar seseorang dapat mengenal diri sendiri dengan baik secara rinci. Dengan demikian, seseorang itu dapat memaknai hidup dan memanfaatkan momentum yang tepat untuk meledakkan potensi yang dimiliki. 1 (satu) jurus selanjutnya yaitu Jurus KAMEHAMEHA (patahkan keraguan dan hambatan) yang terdiri dari jurus Jangan Jadi Pahlawan Kesiangan. Jurus ini mengajarkan agar remaja tidak terlena sehingga dapat mengisi waktu dengan hal-hal bermanfaat sebelum datangnya kematian. 3 jurus terakhir adalah Jurus TIFAN POKHAN (pukulan tangan bangsawan) yang terdiri dari jurus Tidak ada Tombol Pause dan Prev dalam Hidup, jurus Buat Hidup Lebih Hidup, dan jurus Galau (God Always Listening and Understanding). Ketiga jurus ini benar-benar memotivasi sekaligus memberi contoh dan langkah konkret untuk mewujudkan hidup yang bermanfaat.
          Buku ini juga dilengkapi dengan kuis-kuis yang berisi pertanyaan-pertanyaan seputar kepribadian dan gambaran diri yang sekarang pada setiap babnya. Di lembar-lembar terakhir disediakan poin dan penilaian berdasarkan jawaban yang dipilih pembaca disertai lembar kerja yang dapat membantu pembaca, khusunya remaja dalam mengenali diri  dan potensi atau bakat yang dimiliki beserta hambatan-hambatan dan peluangnya, dengan analisis yang tepat sehingga dapat menyusun proposal masa depan yang cemerlang. Buku ini menjadi salah satu buku yang sangat direkomendasikan untuk para remaja yang ingin segera mengenali bakat dan potensi dirinya agar bisa merancang peta hidup sejak awal. Ketika pemuda sudah mengetahui bakat dan potensi pribadinya, maka bersiap-siaplah menggebrak dunia dan dengan jurus sakti dari buku ini.
Selamat membaca dan menerapkan jurus ampuh dalam kitab sakti ini.

(Resensi ini diterbitkan di Koran Jakarta edisi Jumat, 28 Februari 2014, dengan editan seperlunya dari editor,  http://koran-jakarta.com/?6853-kenali+diri+sejak+dini+guna+merancang+masa+depan+cemerlang)



0 komentar:

Posting Komentar