Sabtu, 22 Februari 2014

Review Buku Berjuta Rasanya





Judul Buku      : Berjuta Rasanya
Penulis            : Tere Liye
Penerbit          : Mahaka Publishing
Tahun Terbit    : 2012 (Cet.I)
ISBN              : 978-602-9474-03-9
Tebal Buku      : 205 hlm
Ukuran            : 13,5 x 20,5 cm
Harga              : Rp40.000,-






Mengeja Makna Cinta, Pengorbanan, dan Patah Hati
***
Semoga pemahaman baik itu datang.
Bahwa semua pengalaman cinta dan perasaan adalah spesial.
Sama spesialnya dengan milik kita.
Tidak peduli sesederhana apa pun itu,
sepanjang dibungkus dengan pemahaman-pemahaman yang baik.
***

Cinta memang sebuah kata berjuta makna, tak akan habis kisah tentangnya meski telah sekian banyak pujangga yang menuliskan cerita tentang cinta. Cinta adalah sebuah kata yang tak pernah tergerus keindahannya meski berjuta penulis menguraikannya dalam ribuan kata dan kalimat.
Seperti ungkapan yang sering terdengar, cinta mampu membuat si lemah menjadi kuat bak superhero, mampu melemahkan yang kuat hingga tak berdaya, mampu membuat si bebal menjadi pintar, begitu juga sebaliknya. Ya, cinta memang dahsyat, bahkan efeknya mampu melumpuhkan logika dan keperkasaan.
Namun, banyak pasangan yang hari ini juga berpisah karena alasan-alasan sepele. Bosan. Merasa terkekang. Merasa pasangannya sudah berubah. Atau bahkan hanya karena alasan yang dicari-cari. Apakah itu cinta kalau kau setiap saat bisa jatuh cinta lagi dengan gadis lain? Dengan pemuda lain? (hlm. 48).
Apakah cinta akan tertuntaskan kala engkau menjadi seseorang yang harus “keluar” dari kepribadian diri sendiri? Ataukah cukup meringkuk dalam penantian yang tak pernah terjawab, bahkan dengan perasaan yang tak pernah terungkap? Atau cinta sudah cukup terucap lewat tatap mata dan sebuah lambaian? Ahh,,, cinta memang rumit dalam berjuta pemahaman berbeda bagi setiap individu....
            Buku yang manis, meninggalkan kesan mendalam tentang arti cinta bersama berjuta rasanya yang kadang sulit dicerna serta memberi makna yang berbeda-beda bagi para pelakon cinta itu sendiri. Buku ini terdiri atas 15 cerita yang berbeda, namun semuanya “mengemban” pesan yang sama, yaitu tentang arti cinta yang memang beragam. Beragam cerita yang dihadirkan memberi banyak pemahaman dan pelajaran berharga tentang bagaimana mewujudkan dan memperlakukan cinta selama cinta itu dibungkus dengan pemamahan-pemahaman yang baik.
            Membaca buku ini akan memberikan sensasi yang bisa saja sama sekali baru bahkan bagi mereka yang selama ini mati-matian mengejar cinta, yang takut menyatakan cinta dan hanya menikmati perasaan itu sendirian hingga ia tersadar bahwa kesempatan untuk menyatakan cinta itu telah diambil orang lain, dan juga pesan kepada mereka yang telah menjalani cinta dalam ikatan rumah tangga. Kisah-kisah yang dituturkan memberi pelajaran dan pemahaman yang bisa jadi “menampar” dan menyadarkan pembaca yang mungkin mengalami kisah yang sama seperti dalam buku ini, membuat remuk seketika dengan untaian pelajaran yang begitu “mengena”, sekaligus juga menjadi referensi untuk mempelajari makna cinta dan arti patah hati. Buku yang sangat bagus. Pembaca dapat mengambil hikmah tentang arti cinta yang begitu dalam maknanya.
            Sebagian cerita dalam buku ini juga seakan-akan menampar bagi sebagian orang yang hanya selalu menunggu kesempatan untuk mengungkapkan dan meraih cinta, namun begitu memiliki kesempatan, sayangnya keberanian untuk tampil dan mengungkapkan perasaan itu tak pernah muncul. Mereka baru tersadar ketika kesempatan itu telah lenyap atau direbut orang lain. Cerita-cerita ini mewakili mereka yang kadang begitu pemalu hingga gagal memaknai cinta, bahkan tersiksa dengan cinta yang dirasakan. Padahal, seharusnya cinta menjadi cerita indah sekalipun ia tak selalu manis kala dicecap.
            Banyak pula yang begitu naif dalam mengartikan cinta. Tak sedikit orang yang mengartikan pandangan, senyuman, bahkan sebuah lambaian tangan sebagai bentuk cinta. Banyak pula yang tak pernah siap mencecap pahitnya kenyataan tentang cinta sehingga kala cinta tak sejalan dengan keinginan, maka hilanglah segala kewarasan dan akal sehatnya. Padahal, cinta memang tak selalu manis. Cinta adalah sebentuk anugerah berjuta rasa bagi insan yang mampu memaknai arti cinta bahkan dalam bentuk pengorbanan.
            Tampil dengan cover yang menarik dengan warna-warni yang sederhana namun sedap dipandang, serta nama penulis yang sudah tidak asing lagi di jagad rimba raya kepenulisan, rasanya sungguh lengkap alasan untuk merekomendasikan buku ini, terutama bagi mereka yang sedang mengeja arti cinta. Dengan menyisihkan waktu untuk merenungkan isinya, pembaca akan menemukan pemahaman dan hikmah yang terkandung di dalamnya. Bahwa cinta kadang begitu rumit, juga kadang begitu sederhana. Pemahaman yang baik tentang cinta dapat membantu mewujudkan dan menjalani cinta dengan lebih bahagia dan bermakna....





0 komentar:

Posting Komentar